Hidup Itu Seperti Menari


Dalam perjalanan hidup yang kita lalui, banyak pengalaman yang sudah pasti kita temui. Kadang menyenangkan, kadang tidak menyenangkan, bahkan menyakitkan.  Pengalaman-pengalaman hidup tersebut oleh Tuhan memang dihadirkan untuk kita agar kita mampu memaknainya.

Ketika kita bertemu dengan sesuatu yang menyenangkan, tidak lantas kita menepuk dada dan lupa diri. Dalam episode 'menyenangkan' inilah sering ada celah pengingkaran atas kenikmatan tersebut. Disinilah ujian tersebut menyertai. Sering manusia beranggapan keliru ketika mendapat kesenangan seakan-akan dirinya dimuliakan Tuhan, sebaliknya ketika ia mendapat kesulitan (kesusahan) seakan-akan Tuhan menimpakan kesialan kepada dirinya, dan Tuhan telah bertindak tidak adil dengan menghinakannya.

Bila kita diberi kesenangan sudah seharusnyalah kita menabur kesenangan (kebahagiaan) yang kita dapatkan untuk memberi kebahagiaan pada orang-orang di sekeliling kita (beramal soleh). Dengan demikian kesenangan (kebahagiaan) yang kita terima akan bermanfaat dan bermartabat, dan dengan cara   ini pula kita akan terlahir menjadi pribadi yang tangguh dan mengerti rasa syukur.

Sebaliknya jika kita diuji dengan kesusahan jangan lantas menganggap itu bentuk ketidak adilan Tuhan, tetapi sesungguhnya kita tengah dididik untuk menjadi pribadi yang kuat, tangguh dan diajarkan untuk mengerti salah satu rahasia kebesaran-NYA, yang bernama kebijakan. Harapannya, kita akan mampu menjadi pribadi yang bijak, bijak dalam menentukan langkah-langkah kita dan tetap berada di jalan-NYA untuk kemudian berjuang menggapai impian kita.

Sahabatku, kita menganalogikan hidup ini seperti menari. Jika kita mampu memaknainya, kita akan beroleh keberkahan, kebagagiaan dan bisa merasakan keindahan dibaliknya. Hidup itu indah harus disikapi apapun keadaannya.

Salam
Sailendra

Komentar

Unknown mengatakan…
Semoga bisa menjadi bahan perenungan kita..
Unknown mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Postingan populer dari blog ini

Renungan

Renungan: SELEMBAR SARUNG LUSUH